Perjalanan ini akan Ada Akhirnya



Perjalanan ini akan ada akhirnya. Janganlah berhenti jika kita ingin sampai. Jangan pula melihat masa lalu, apalagi coba kembali, karena sejatinya tujuan perjalanan kita takkan ada di sana. Siapapun yang kita tuju, atau apapun yang kita tuju, kita perlu tahu bahwa ini bukanlah perjalanan yang sebentar. Meskipun begitu, semua ini akan berujung, semua ini akan ada akhirnya. Walaupun, tujuan kita mungkin belum terlihat. Bersabarlah.

Kita akan melewati jalan berliku, terjal menanjak, bahkan persimpangan. Kita akan memilih, maka disitulah kita dituntut belajar memilih. Apa yang harus tetap ada, dan apa yang harus ditinggalkan, demi perjalanan yang telah dibuat.

Suatu saat kita akan bertanya, kapan sampai? Mengapa setelah jatuh berdebam berulang kali, sudah merasa lelah, masih saja perjalanan ini seperti meminta tumbal kesabaran. Di saat seperti itu, semoga kita disadarkan, bahwa perjalanan ini membutuhkan langkah kaki yang enggan berhenti.

Langkah yang tak ingin merasa lelah itu kelak akan berhenti. Menemukan suatu tempat yang bernama rumah. Rumah yang tak lagi hanya ada dalam angan, namun tepat menjadi kenyataan. Di dalam rumah itu, kita bertemu dengan seseorang yang membuat langkah kita terhenti, dan memberi arti tentang apa arti rumah, dan arti perjalanan kita.

Kita bisa memenangkan ini, kita akan tersenyum, kita akan mengakhiri perjalanan kita sebagai sebuah kisah sarat kebijaksanaan, untuk orang sekitar kita, untuk anak cucu kita.


(c) 2018, R. Eris Prayatama

Share:

Tidak ada komentar:

Visitor Count