Berbagai Macam Keanehan Bahasa "Gaul" Indonesia

Halo. Kembali lagi gue ngepost catatan yang (tidak) lucu dan sedikit mengganggu di akun browser kalian. Tapi coba deh baca sebentar. Ini kajian gue yang selama ini gue kumpulin satu-satu dan akhirnya gue tulis sebagai sebuah catatan. Temanya kali ini tentang bahasa yang sedikit "salah kaprah" tapi mungkin udah melekat di keseharian kita pada saat berbicara baik sama temen ataupun orang lain. Coba aja deh kalian semua baca satu-satu bahasa yang gue teliti karena keanehan dan kejanggalannya yang mirip seperti gigi buaya yang janggal :

1. Kenaifan stasiun radio / TV

Pernah mikir gak kalau beberapa stasiun radio itu naif dan kadang-kadang overprotective lebih jika dibandingkan sama pacar kita sendiri ? Ini jelas dibuktikan dengan kata-kata sang penyiar yang berbunyi :
"Jangan kemana-mana yach,, tetap ditempat anda !"
"Jangan beranjak yah pendengar setia / pemirsa !"
Kebayang kalau kalian lagi di WC. Lagi buang air dan disuruh jangan pindah gara-gara stasiun tersebut mau iklan. Kalian bakal tetep ada di posisi yang sama. Kalo iklannya 3 tahun, apa yang terjadi ? :P

2. Talinya panjang "banget". Padahal talinya cuma 1 meter

Ini lagi yang paling absurd. Banget, banget dan banget. Anak remaja seneng banget ngomong dan di akhiri dengan kata banget. Banyak awalannya, kyk gede banget, enak banget, so sweet banget dll
Kebayang tali yang 1 meter, dibilang panjang "banget". Gimana kabarnya tali yang panjangnya sampe 5 meter ? Gimana cara nyebutnya ? Apa gini : "Talinya puaaaaannjjaaaaangg bangedddd" ?

3. Hujan "Angin"

Nah ini yang salah kaprah. Asal kalian tau. Hujan itu nggak selalu air. Buktinya gini, Kalian pasti pernah kan denger istilah "Hujan Duit", "Hujan Es" ? Duit, Es, beda kan sama air? Nah, kasus yang ini juga sama aja. Pernah ga kalian bayangin "Angin" kalo hujan gimana ? Kalo ada yang tau share fotonya disini ya .
harusnya bahasanya gini : "Hujan yang disertai dengan angin"
Itu konotasinya lebih jelas. :)

4. Nantikan pesan-pesan berikut ini !

Itu maksudnya buat iklan. Tapi tetep aja, Iklan gak sama kalo kita bandingkan sama "Pesan". Pesan lebih ditujukan kepada kita untuk bisa melakukan apa yang terkandung di pesan itu. Nah kalau iklan, apa mesti diturutin. Coba kalau kalian itu Cowok, dan ada pesan "Breast-up Kozuii" (Itu loh bra yang harganya 1 juta supaya bisa buat dada cewe berukuran lebih) :P dan kita dipaksa untuk membelinya karena itu adalah sebuah pesan ! GA AKAN pernah kebayang akan banyak cowo yang memiliki payudara seperti cewek gara-gara menuruti pesan-pesan berikut ini.
Itu baru sebagian. Yang lain pasti kalian tau lebih banyak. Hahaha

Salam menulis,
R. Eris Prayatama
Share:

Visitor Count