Tipografi dalam Desain Grafis

Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf-huruf. Dalam desain grafis, Tipografi memegang peranan yang penting selain pewarnaan. Karena tipografi adalah tulisan, dan yang seperti diketahui teks atau tulisan memiliki peranan yang sangat kuat dalam penyampaian informasi. Kita dapat membayangkan apabila spanduk dicetak tanpa tulisan, atau dengan gaya huruf yang tidak pantas kepada tema utama spanduk tersebut, spanduk tersebut bisa-bisa tidak memuat informasi, malah hanya akan menjadi penghindar sinar matahari, atau dijadikan selimut di malam hari. Hehehe.

Dalam ilmu desain, tipografi haruslah tepat pada tujuan desain. Contohnya, pada undangan dan koran. Di undangan kita biasa melihat tulisan tegak bersambung, dan macam huruf artistik lainnya. Tapi di majalah, atau koran kita tidak pernah melihat teks tegak bersambung seperti itu. Nah itulah yang disebut tujuan desain. Undangan dibuat seperti itu karena momennya yang sakral, serius dan bersifat mewah. Sedangkan koran atau majalah dibuat biasa karena sifatnya yang universal dan umum.



Dalam beberapa kasus juga terdapat penggabungan Font / jenis huruf. Contohnya pada penulisan / gaya teks Drop Cap. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan penekanan pada kalimat-kalimat pertama dalam teks agar pembaca / audience terpancing moodnya untuk membaca, melihat artikel, atau tulisan tersebut.



Dan sebaliknya kita pun harus berhati-hati dalam memilih font / jenis huruf untuk pekerjaan grafis kita. Jangan mentang-mentang font artistik itu terkesan mahal, mewah atau anggun, kita akan selalu menerapkan jenis huruf – huruf itu dalam desain kita. Justru hal itu akan merusak keindahan ide dan kreativitas kita. Sekali lagi tipografi dalam desain haruslah tepat sasaran pada tujuan grafis yang akan kita buat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.



Mungkin itu sekilas yang saya bisa jelaskan tentang tipografi dalam dunia desain. Semoga apa yang saya tulis ini bisa menjadi pencerahan anda dalam urusan grafis. Jika ada waktu saya akan lanjutkan teori tentang desain grafis ini. Terimakasih semuanya .. !!
Share:

Tidak ada komentar:

Visitor Count